Inilah Nama Jenis-Jenis Luka Dalam dunia Medis Yang Di Gunakan Dokter Sebagai Diagnosa

Definisi
Luka sendiri dalam bahasa latin disebut Vulnus,dalam dunia medis dokter sering menggunakan singkatan "V" yang berarti Vulnus kata Vulnus tidak dapat berdiri sendiri karena akan ada Kata keterangan yang mengikuti tergantung pada penyebab terjadinya luka itu sendiri.
Berikut ini adalah jenis-jenis  luka berdasarkan faktor penyebabnya.

1. Vulnus Laceratum (Laserasi)
Nah Vulnus Laceratum ini adalah luka robekan yang  diakibatkan karena terjatuh dari motor, terkena ranting tajam, terkena standar motor dll intinya asalkan terjadi robekan maka itu adalah Vulnus Laceratum memiliki ciri  robekan yang memanjang ,dalam dan agak lebar.

2. Vulnus Excoriasi (Luka Lecet)
Untuk luka jenis  ini di kategorikan jenis luka yang ringan, jenis ini biasanya  disebabkan karena terjadinya gesekan yang keras antara kulit dengan benda asing.kasus ini biasanya sering menimpa pada Pasien KLL (kecelakan Lalu Lintas)yang meluncur di aspal atau tanah sehingga terjadi gesekan antara badan dan asapal/tanah.

3. Vulnus Punctum (Luka Tusuk)
Vulnus Punctum, adalah luka yang di akibatkan oleh tusukan benda tajam seperti tertusuk pisau,atau tertusuk anak panah, ciri luka seperti ini biasanya lukanya sempit dan dalam

4. Vulnus Contussum (Luka Kontusiopin)
Jenis luka ini berbeda dari yang lain kenapa karena tidak ada robekanyang terjadi pada kulit luka jenis ini terjadi karena benturan keras, sehingga pembuluh darah dibawah kulit pecah,yang mengakibatkan perdarahan,hanya saja darah tidak bisa keluar sehingga tertimbun didalam,sehingga terlihat bekas berwarna biru kehitaman.

5. Vulnus Insivum (Luka Sayat)
Jenis luka ini adalah luka kecil dan tipis.. biasanya luka ini adalah jenis luka yang disengaja,kenapa di sengaja karena luka ini biasanya kuka yg di buat pada saat bedah ato Operasi.

6. Vulnus Schlopetorum
Ini adalah jenis luka akibat peluru atau tembakkan.jenis luka ini termasuk luka yang dalam,biasanya lukanya awal kecil namun di ujung luka akn melebar karena peluru berputar.

7. Vulnus Morsum (Luka Gigitan)
Luka jenis ini adalah luka yang disebabkan oleh gigitan gigi,seperti gigitan anjing, kucing,onta ato kuda manusia juga bisa menyebabkan luka ini,karena manusia juga memiliki gigi.

8. Vulnus Perforatum
Luka jenis ini merupakan luka tembus atau luka jebol. Penyebab oleh karena panah, tombak atau proses infeksi yang meluas hingga melewati selaput serosa/epithel organ jaringan.

9. Vulnus Amputatum
Amputatum  nama lainya aadalah amputasi, Jadi vulnus amputatum adalah jenis luka, terpotongnya salah satu bagian tubuh sehinnga terpisah dari badan.

10. Vulnus Combustion (Luka Bakar)
Luka jenis ini adalah segala jenis luka bakar yang disebabkan oleh karena terkena Api,tersiram Airpanas,Radiasi,Tersiram Air Kimia dan atau Tersengat Liistrik sehingga mengakibatkan jaringan kulit pada tubuh menjadi rusak.khusus luka bakar ini memiliki dapat di golongkan dalam beberapa derajat tergantung luas dan dalamya serta area mana yang terkena luka bakar.

Demikian artikel ini semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama,jika memang bermanfaat silahkan copi paste atau share sebanyak-banyaknya membudayakan berbagi ilmu yang bermanfaat

Komentar

BACA JUGA

Sofware Membuat Struktur Pertandingan Dengan Cepat

Beginilah Caranya Hack Game dan Aplikasi Android Berbayar Menjadi Free Dengan Lucky Patcher

TIPS & TRIK BERMAIN CAPTAIN TSUBASA DREAM TEAM

Vidioder Versi 12.4.3

Cara Membuat Email Baru Dengan Gmail Lewat Android

Inilah Menu Game Captain Tsubasa Dream Team Dan Fungsinya

Adguard Premium Aplikasi Untuk Menghilangkan Iklan di Android

Dilan dan Milea, siapakah sosok ini sebenarnya..??!!

Hal yang dilakukan dirumah ketika hujan. Kamu yang mana!

Lupa Sandi Email Bisa Gunakan Cara Berikut Ini Untuk Membukanya