Peregangan sebelum berolahraga, penting kah..?

Para pembaca setia ampul kosong, tentu dalam keseharian kita sering sekali melakukan aktifitas yang lumayan berat, apalagi jika anda seorang olah ragawan, olah raga memeang penting bagi tubuh selain untuk membatu proses metabolisme, olah ragapun diperlukan agar badan tidak kaku, namun tahukah anda sebelum ber olahraga kita disarankan melakukan peregangan atau bahasa resminya pemanasan.
Bahkan bukan hanya di khususkan untuk olah raga saja, pemanasan ini juga di sarankan dilakukan sebelum beraktifitas di pagi hari. menurut redaksi yang saya baca di http://tipskesehatanlengkap.com menerangkan bahwa "Pemanasan atau warming up adalah cara untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan olahraga untuk mengurangi potensi cedera dan mengurangi rasa sakit setelah berolahraga. Pemanasan sebelum olahraga normalnya dilakukan dalam waktu singkat."
Beberapa manfaat melakukan pemanasan sebelum beraktifitas atau berolah raga diantaranya :

  • Meningkatkan temperatur otot. Otot yang hangat akan berkontraksi lebih cepat dan rileks lebih cepat pula, ini meningkatkan kekuatan serta kecepatan otot.
  • Mempersiapkan peregangan otot-otot saat melakukan olahraga inti.
  • Melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebih lebar membuat beban jantung tidak terlalu berat dan mengurangi hambatan aliran darah.
  • Meningkatkan temperatur darah. Saat suhu darah naik maka kemampuan keter ikatan oksigen pada hemoglobin akan menurun sehingga lebih mudah untuk dilepaskan pada sel-sel otot.
  • Perubahan hormonal – tubuh akan meningkatkan produksi berbagai hormon yang berhubungan dengan proses produksi energi. Selama pemanasan ini keseimbangan hormon membuat lebih banyak karbohidrat dan asam lemak tersedia untuk produksi energi.
  • Persiapan Mental – pemanasan juga waktu yang baik untuk mempersiapkan mental untuk membersihkan pikiran, meningkatkan fokus, meninjau strategi. 
sumber : http://tipskesehatanlengkap.com

Jadi setelah membaca artikel ini, menurut anda pentingkah peregangan/pemanasan sebelum olah raga ini?

Silahkan berikan komentar anda
Terima kasih.

Komentar

BACA JUGA

TIPS & TRIK BERMAIN CAPTAIN TSUBASA DREAM TEAM

Sofware Membuat Struktur Pertandingan Dengan Cepat

Inilah Menu Game Captain Tsubasa Dream Team Dan Fungsinya

Vidioder Versi 12.4.3

Adguard Premium Aplikasi Untuk Menghilangkan Iklan di Android

Dilan dan Milea, siapakah sosok ini sebenarnya..??!!

Google Goggles : Aplikasi Pintar Yang Multi Fungsi

Beginilah Caranya Hack Game dan Aplikasi Android Berbayar Menjadi Free Dengan Lucky Patcher

OfficeSuite Pro + PDF